5 Sumber Keuangan yang Bisa di Dapatkaan Mahasiswa

Kebutuhan mahasiswa sangatlah banyak untuk pengeluaran. Untuk itu, terapkan cara mahasiswa mendapatkan uang berikut ini, lumayan banget untuk kamu yang memang jauh dari rumah halaman alias perantauan serta kamu juga aktif organisasi di kampus.

Pastinya selain bisa memenuhi kebutuhan sendiri dan kegiatan selama kuliah, kamu juga bisa menghemat dan membantu meringankan beban orang tua untuk memberi uang saku. Selain itu, ketika kita sudah bisa pandai mencari uang ketika selama kuliah, hal ini sangat bermanfaat buat kamu sendiri ketika nanti ingin bekerja lho.

Menjadi Asisten Dosen atau Praktikum

Apabila kamu memiliki kemampuan togel akademik yang baik, maka boleh banget untuk dicoba kerjaan sebagai asisten dosen ataupun asisten praktikum. Sebab, selain kita bisa dekat dengan dosen, kita bisa lebih pinter lagi dan akan dibayar juga oleh dosen.

Magang Berbayar (Paid Internship)

Magang bukan sekadar magang, ternyata magang bisa menjadi cara mahasiswa mendapatkan uang selama kuliah lo. Kok bisa? Yuk cari magang yang berbayar alias paid internship. Biasanya internship dicari oleh perusahaan yang sedang buka (start up) dan juga perusahaan yang punya projek dalam waktu singkat. Tujuannya selain menghemat biaya juga sebagai tempat perusahaan mencari talenta bagus dari adanya magang tersebut yang diselenggarakan.

Bisnis Sendiri (Jualan)

Apabila masih takut untuk membangun bisnis sendiri, kamu bisa ikut program reseller dan dropshiper dari perusahaan lain. Misalnya seperti Deepublish Store yang membuka program reseller buku dengan sistem dropship (alias tanpa perlu nyetok). Modal kecil cuma ratusan ribu sudah bisa jualan buku dengan omset jutaan per bulan dan dipandu dengan tim kami untuk optimasi.

Freelance (Alias Serabutan)

Cara pertama yang bisa mahasiswa lakukan adalah dengan bekerja serabutan atau jaman sekarang disebut dengan freelance. Nah, freelance ini banyak ya jenisnya tergantung kemampuan masing-masing. Pada intinya, kamu harus memiliki skill dan kemampuan khusus untuk bisa kerja freelance, misalnya seperti seorang designer, penulis lepas (content writer) di portal berita, dan sebagainya.

Membuka Les atau Bimbel

Cara kedua yang banyak dilakukan oleh mahasiswa adalah membuka les-lesan baik itu offline maupun online. Untuk awal, supaya lebih mudah dan tau sistem kerjanya bagaimana, Kamu bisa ikut di bimbel-bimbel kecil untuk mendapatkan klien siswa bagaimana.