3 Jenis Kurma yang Sering di Jual di Bulan Puasa

Sejak zaman nabi, kurma sudah sering dikonsumsi untuk berbuka puasa. Saat ini pun kurma masih menjadi makanan identik dengan bulan Ramadan, permintaannya akan naik pesat selama bulan suci. Rasa daging kurma yang cenderung manis, dibarengi dengan berbagai manfaat baik untuk tubuh. Kurma bisa membantu mengembalikan energi yang hilang lebih cepat karena kandungan gula alaminya. Selain itu, kurma juga kaya vitamin dan mineral yang dapat melancarkan proses pencernaan.Jika kamu berencana membeli kurma, sebaiknya ketahui lebih dulu, yuk, jenis-jenis kurma yang ada di pasaran beserta manfaatnya.

Kurma medjool

Kurma medjool termasuk salah slot garansi 100 satu buah tertua dan paling banyak ditanam di dunia, selama sekitar 6.000 tahun. Di antara kurma lain, kurma medjool mudah dikenali karena memiliki daging besar dengan kulitnya yang lebih keriput. Meski begitu, tekstur dagingnya lembut dengan rasa manis yang tahan lama di mulut.

Kurma satu ini kerap ditambahkan pada menu diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya tinggi, rendah lemak dengan 66 kalori per buahnya sehingga bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Ditambah adanya magnesium, besi, kalsium, tembaga, dan potasium untuk bantu penuhi nutrisi harian.

Kurma barhi

Kurma yang bisa dijumpai di Indonesia ini berasal dari Afrika Utara dan Timur Tengah. Saat masih setengah matang, buahnya berwarna kuning keemasan dengan tekstur yang renyah mirip apel. Ketika sudah benar-benar situs dadu online matang, warnanya akan berubah kecoklatan dengan kadar gula alami yang lebih tinggi.

Kurma barhi termasuk memiliki daya tahan simpan yang baik. Studi dalam Journal of Food Biochemistry, Vol. 42 (2018) menyebut, sifat antioksidan pada kurma barhi masih aktif dengan baik setelah disimpan pada suhu 5 derajat Celsius selama 2 minggu. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan alzheimer.

Kurma ini juga ramah penderita diabetes karena pemanis alaminya yang juga dapat mengontrol gula darah. Di sisi lain, kandungan zat besi, vitamin B, vitamin C, potasium, dan serat dalam kurma barhi pun begitu melimpah.

Kurma mazafati

Boleh dibilang, kurma mazafati termasuk kurma paling populer di dunia. Kamu akan segera menyetujuinya setelah mencicipi dagingnya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Tidak seperti kurma safawi dan kurma ajwa, kulit kurma mazafati yang hitam lembab tanpa kerutan terlihat lebih menarik.

Kamu bisa mendapatkan beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu fungsi dan perkembangan otak dari kurma mazafati. Nutrisi paling banyak yang terkandung dalam kurma mazafati yaitu karbohidrat, protein, zat besi, dan serat. Kurma satu ini enak sebagai campuran sereal, puding, roti, kue, hingga es krim.